SUMBER : http://smalan.sch.id/index.php?option=com_content&view=article&id=159:pengertian-e-mail&catid=76:tik&Itemid=179
A. CARA MEMBUAT EMAIL
Langkah-lagkahnya sebagai berikut :
1. Kita buka program intertnet explorer/Mozila Firefox
2. Kita membuka mail.yahoo.com
3. Untuk membuat email baru secara gratis kita klik “Sign Up”
4. Setelah muncul formulir pendaftaran email, kita isi formulir tersebut secara lengkap
5. Jangan lupa kita harus menuliskan yahoo id dan password untuk pengamanan email kita
6. Selain itu kita harus menuliskan verifikasi email
7. Beri tanda centang pada pernyataan ” I Agree”
8. Klik “Submit”
9. Tunggu beberapa saat kita akan mendapat pesan selamat datang dari yahooMelalui langkah-langkah di atas kita sudah dapat memiliki sebuah email secara gratis dan mudah.
SUMBER : http://smalan.sch.id/index.php?option=com_content&view=article&id=159:pengertian-e-mail&catid=76:tik&Itemid=179
B. JENIS EMAIL
Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
a. Pop Mail
E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda
Kelebihannya :
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
Kekurangannya :
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat
b. Web Based Mail
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Kelebihannya :
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja
Kekurangannya :
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
c. Email Forwarding
Kelebihannya :
• Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.
Kekurangannya :
• Karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tujuan
SUMBER : http://smpn2bantarujeg.blogspot.com/2008/10/jenis-jenis-e-mail.html
C. CARA MENGECEK,MENGIRIM MEMBALAS
MENGECEK EMAIL
Bagi Anda yang malas membuka aplikasi email Gmail di browser atau sedang menantikan datangnya suatu e-mail yang penting Anda bisa menggunakan aplikasi Gmail Notifier yang akan memberitahu Anda bila ada email baru yang masuk. Menurut pihak Google, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengecek e-mail baru secara otomatis setiap dua menit, memantau isi singkat hingga 30 e-mail, memilih suara notifikasi ketika menerima e-mail baru, dan memanfaatkan Gmail sebagai aplikasi e-mail default Anda.
Setelah mengunduh aplikasi ini, akan hadir ikon amplop di system tray Anda yang kemudian bisa dipakai untuk menunjukkan informasi mengenai e-mail baru apa saja yang belum Anda cek. Caranya? Ikuti saja langkah-langkah berikut.
1. Unduh Gmail Notifier yang berukuran 292KB di http://toolbar.google.com/gmail-help…r_windows.html dengan mengklik tombol <Download Gmail Notifier for Windows>. Selain pengguna Windows (2000 atau XP), aplikasi ini juga bisa digunakan oleh pengguna Mac OS 10.4+.
2. Instal Gmail Notifier sampai nongol jendela yang meminta Anda memasukkan user name dan password. Isikan keduanya seperti layaknya Anda sedang log in ke Gmail. Centangi boks <Remember my password> jika Anda tidak ingin memasukkan informasi tersebut berulang kali.
3. Selamat! Kini Anda sudah siap memanfaatkan Gmail Notifier. Silakan cari ikon amplop di system tray Anda (bagian bawah kanan layar). Arahkan kursor ke sana, dan Anda akan mendapati informasi mengenai kondisi inbox Gmail Anda. Misalnya, jika tak ada e-mail baru yang masuk, akan muncul keterangan “No unread mail”. Sedangkan jika ada, akan diberitahu berapa jumlah surat elektronik yang ada di sana (contoh pada gambar: “21 unread conversations”).
4. Silakan klik kanan di ikon amplop tersebut. Untuk membuka aplikasi Gmail secara otomatis di browser, pilih menu <View Inbox>. Sedangkan jika ingin mengecek e-mail baru tanpa membuka browser, klik <Tell me Again>.
5. Setelah mengklik <Tell me Again>, akan muncul informasi singkat perihal setiap e-mail baru sesuai urutannya di inbox seperti nama pengirim, judul e-mail, dan isi e-mail sepanjang dua baris teks. Jika ada 21 e-mail baru di inbox Gmail Anda, berarti akan muncul pula 21 info singkat dari masing-masing e-mail secara bergantian di sisi paling kanan bawah layar. Tapi meski Anda tidak mengklik opsi ini, info singkat tersebut tetap akan muncul secara real time setiap kali ada e-mail baru masuk ke inbox atau memberitahu e-mail apa saja yang belum Anda buka ketika Anda menyalakan komputer.
SUMBER : http://r3fin3.wordpress.com/2010/11/22/cara-mengecek-email-gmail-secara-mudah-dengan-gmail-notifier/CARA MENGIRIM
panduan cara mengirim email ini merupakan lanjutan dari panduan cara membuat email yang saya buat beberapa saat yang lalu. Mengirim email adalah suatu hal yang mudah, tapi tidak semua orang mampu melakukannya tanpa diberi panduan, bagi anda yang belum mampu mengirim email, tidak salah jika anda membaca panduan ini.
1. Langkah pertama adalah buka alamat www.mail.yahoo.com
2. setelah kamu menuju alamat situs di atas, kamu akan menemukan jendela login seperti di bawah ini, masukkan alamat email kamu dan passoword kamu, kemudian tekan Sign In
3. setelah kamu klik sign in, kamu akan dibawa menuju akun email kamu di yahoo, Untuk langkah mengirim email adalah, Klik di Menu Compose untuk menulis surat terlebih dahulu,
4. Setelah kamu klik Compose, nanti kamu akan dibawa menuju jendal tempat menulis surat,
kolom TO : untuk mengisi Alamat email yang ingin kamu kirimi emai,
Kolom CC : diabaikan saja
kolom Subject : untuk tema surat
dan kolom bawah adalah tempat menulis isi suratnya atau isi emailnya
jika telah selesai menulis Surat Tekan Menu Send
5. Jika kamu menemui halaman seperti ini, berati email kamu telah terkirim
di bawahnya terdapat Add To Contact, itu jika kamu ingin menyimpan alamat email yang kamu masukkan tadi ke dalam contatc kamu, jika kamu ingin menyimpannya tinggal Klik saja. pada panduan ini kita simpan saja ya..
6. Setelah kamu klik Add To Contact, kamu akan dibawah ke halaman seperti di bawah ini, jika kamu tau nama awal dan nama belakangnya silahkan masukkan pada kolom yang tersedia seperti pada gambar di bawah ini, jika tidak kenal kamu boleh langsung tekan menu Add to Address Book yang ada di bawahnya
7. Setelah kamu klik Add to Address Book, kamu akan di bawa ke menu seperti di bawah ini, menandakan kamu telah menyimpan alamat email yang tadi ke address book
ya itulah sedikit panduan cara mengirim email di yahoo, sederhana dan mudah bukan? jika masih kurang jelas atau ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar di bawah ini. semoga saya bisa menjawabnya
Invalid Domain NameInvalid Domain Name artikel lain yang berkaitan 1. Langkah pertama adalah buka alamat www.mail.yahoo.com
2. setelah kamu menuju alamat situs di atas, kamu akan menemukan jendela login seperti di bawah ini, masukkan alamat email kamu dan passoword kamu, kemudian tekan Sign In
3. setelah kamu klik sign in, kamu akan dibawa menuju akun email kamu di yahoo, Untuk langkah mengirim email adalah, Klik di Menu Compose untuk menulis surat terlebih dahulu,
4. Setelah kamu klik Compose, nanti kamu akan dibawa menuju jendal tempat menulis surat,
kolom TO : untuk mengisi Alamat email yang ingin kamu kirimi emai,
Kolom CC : diabaikan saja
kolom Subject : untuk tema surat
dan kolom bawah adalah tempat menulis isi suratnya atau isi emailnya
jika telah selesai menulis Surat Tekan Menu Send
5. Jika kamu menemui halaman seperti ini, berati email kamu telah terkirim
di bawahnya terdapat Add To Contact, itu jika kamu ingin menyimpan alamat email yang kamu masukkan tadi ke dalam contatc kamu, jika kamu ingin menyimpannya tinggal Klik saja. pada panduan ini kita simpan saja ya..
6. Setelah kamu klik Add To Contact, kamu akan dibawah ke halaman seperti di bawah ini, jika kamu tau nama awal dan nama belakangnya silahkan masukkan pada kolom yang tersedia seperti pada gambar di bawah ini, jika tidak kenal kamu boleh langsung tekan menu Add to Address Book yang ada di bawahnya
7. Setelah kamu klik Add to Address Book, kamu akan di bawa ke menu seperti di bawah ini, menandakan kamu telah menyimpan alamat email yang tadi ke address book
ya itulah sedikit panduan cara mengirim email di yahoo, sederhana dan mudah bukan? jika masih kurang jelas atau ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar di bawah ini. semoga saya bisa menjawabnya
- » Cara Mengganti password dan Nama Facebook
- » Facebook umumkan fitur video chat dan fitur chatting baru di Facebook.com
- » Download Opera Mini 6.1 dan Opera Mobile 11.1 dengan Fitur Baru
- » Download Mozila Firefox 5 - Fitur Baru Mozila Firefox 5
- » Download Mozila Firefox 5 beta terbaru - Rilis Firefox 5 Beta terbaru
MEMBALAS EMAIL
Untuk membalas email yang Anda terima di Yahoo! Mail:
Komunikasi menggunakan e-mail semakin banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Kebanyakan orang memanfaatkan kemudahan komunikasi ini lebih mudah dan cepat.Akan tetapi, terkadang tidak jarang juga kita mendapat gangguan ketika menerima spam e-mail atau e-mail berantai. Bagaimanapun, dalam melakukan korespondensi peribadi, kita seharusnya mengetahui cara bersopan-santun untuk menjaga hubungan baik. Untuk kepentingan bersama, tidak ada salah nya kita mematuhi sepuluh etikda dalam dalam menulis e-mail. Tepat
Pendek, singkat dan tepat adalah sangat baik bagi anda jika anda ingin mengirimkan email sehingga ini akan mudah dipahami dan tidak bertele tele. Misalnya apabila saat anda mengirimkan email anda tidak perlu menambahkan pesan sebelumnya. Karena orang yang mengirimkan email ke anda sudah tentu memiliki kopi email dari anda sebelumnya, apalagi kalau anda hanya akan mereply dengan “so do I, okay, atau thanks”, ini jadi mubazir. Para Expert banyak mengatakan setiap message yang lebih dari 100 baris termasuk dalam pesan yang panjang dan berkemungkinan besar akan berakhir dengan tidak dibacanya email tersebut. Beberapa perusahaan juga membatasi internet connection mereka, sehingga pesan yang singkat akan membantu perusahaan anda untuk menghemat bandwith.
Hati hati dengan attachments
Attachment adalah penemuan besar dalam dunia email, namun tetap anda harus menggunakanya secara hati hati. Jika anda mengirimkan email singkat sekali namun disertai attachmentnya, mungkin saja ini akan mengganggu pembaca email tesebut. karena dia akan membuka email anda, dan membuka program lain untuk membuka attachment anda, dan di dalam attachment tersebut anda hanya menuliskan pesan “temui saya di restoran jam 8 malam nanti”. Jika sebuah attachment dibutuhkan, sebaiknya beritahu penerima email akan isi attachment nya. Attachment dengan extensions yang aneh mungkin saja terdapat virus.
Hati – hati mengirimkan email ke banyak orang
Sebelum melakukan ini, pastikan dulu oleh anda setiap orang yang akan di tuju ini berhak mengetahui pesan yang anda kirimkan, jangan mengirimkan rencana jalan jalan anda weekend ini ke banyak orang. Pembaca email mungkin akan merasa terganggu jika informasinya tidak menarik untuknya, dan jika ini berlebihan mungkin anda dapat dikatakan sedang melakukan spam karena sering mengirimkan email ke banyak tujuan. dan juga anda harus pastikan kalau anda tahu pasti siapa pemilik dari alamat email tersebut, kesalahan mengirimkan email akan bisa berdampak fatal apabila email yang anda kirim bersifat rahasia.
Hati hati dalam menulis email
Email saat ini sudah menjadi familiar namun banyak orang tidak memperhatikan tata cara kesopanan dalam menulis email, Jika anda mengalamatkan kepada orang yang tidak anda ketahui / orang tersebut juga tidak mengenal anda jangan gunakan singkatan singkata. Ataupun jangan gunakan banyak emoticons, mungkin nantinya email anda akan terlihat membingungkan. Periksalah teks email anda apakah ada yang salah ejaanya ataupun penulisanya. Emails dengan banyak kesalahan penulisan akan terlihat tidak baik dan memberikan pandangan yang buruk terhadap kita sendiri.
Masalah Formatting
Tidak semua program email atau email client itu simple, terkadang ada email client yang memiliki begitu banyak jenis formatting ada juga yang tidak, Jadi gunakankanlah formatting se sederhana mungkin. Mungkin saja email tujuan anda tidak dapat membaca font yang anda gunakan ataupun gambar bunga yang anda tampilkan. Ketahuilah, Email digunakan untuk berkomunikasi bukan latihan desain, jadi buatlah agar tetap simple.
Perhatikan awal dan akhir
Janganlah memulai mengirimkan pesan anda dengan kata yang bertele tele misalnya “Hello”. Banyak orang langsung pada pokok masalah. Anda tak harus menjadi formal, Namun anda bisa berikan sesuatu yang lebih sopan, misalnya “Dear” atau “hi” mungkin akan lebih baik. Sedangkan pada bagian akhir anda bisa memberikan “Sincerely” ada juga beberapa yang memberikan “All the best” atau “Yours truly” ataupun “Regards”.
SUMBER : http://teknoinfo.web.id/10-tika-dalam-menulis-email/
- Klik email untuk membukanya.
- Klik tombol "Balas" yang terletak di bagian atas. Jika ingin membalas ke setiap orang yang menerima email tersebut (jika Anda adalah bagian dari grup yang menerima email), klik tanda panah bawah di samping kanan tombol Balas, lalu pilih "Balas ke Semua". Tindakan ini akan mengirimkan balasan Anda kepada semua penerima email asli, serta pengirimnya.
- Jendela Tulis Pesan akan terbuka. Jika Anda ingin menambah lagi penerima, Anda dapat mengetik alamat email lainnya.
- Ketik balasan Anda. Jika memilih untuk menyertakan email asli pengirim dalam balasan, Anda dapat mengetik di area di atasnya, di bawahnya, atau bahkan dalam email pengirim tersebut-- untuk menjawab bagian per bagian yang berbeda pada email. Klik kursor di manapun yang diinginkan untuk mulai mengetik. Tips: Untuk membuat balasan yang mudah dibaca, tekan Enter beberapa kali untuk menambah spasi.
- Klik "Kirim" untuk mengirimkan balasan Anda. Catatan: Jika Anda sedang menulis email dan ingin berhenti, klik tombol "Simpan sebagai Draft" di sebelah kanan "Kirim". Tindakan ini akan menyimpan email yang belum selesai dalam folder Draft. Anda dapat selalu kembali bila ingin menyelesaikannya. Catatan: Sebelum meninggalkan komputer, sebaiknya klik link "Sign Out" di sebelah "Halo, nama Anda". Dengan demikian, tidak ada yang dapat menggunakan account Anda sewaktu Anda pergi. SUMBER : http://help.yahoo.com/l/id/yahoo/mail/ymail/basics/basics-32.html D.ISTILAH-ISTILAH DI EMAIL
Komunikasi menggunakan e-mail semakin banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Kebanyakan orang memanfaatkan kemudahan komunikasi ini lebih mudah dan cepat.Akan tetapi, terkadang tidak jarang juga kita mendapat gangguan ketika menerima spam e-mail atau e-mail berantai. Bagaimanapun, dalam melakukan korespondensi peribadi, kita seharusnya mengetahui cara bersopan-santun untuk menjaga hubungan baik. Untuk kepentingan bersama, tidak ada salah nya kita mematuhi sepuluh etikda dalam dalam menulis e-mail. Tepat
Pendek, singkat dan tepat adalah sangat baik bagi anda jika anda ingin mengirimkan email sehingga ini akan mudah dipahami dan tidak bertele tele. Misalnya apabila saat anda mengirimkan email anda tidak perlu menambahkan pesan sebelumnya. Karena orang yang mengirimkan email ke anda sudah tentu memiliki kopi email dari anda sebelumnya, apalagi kalau anda hanya akan mereply dengan “so do I, okay, atau thanks”, ini jadi mubazir. Para Expert banyak mengatakan setiap message yang lebih dari 100 baris termasuk dalam pesan yang panjang dan berkemungkinan besar akan berakhir dengan tidak dibacanya email tersebut. Beberapa perusahaan juga membatasi internet connection mereka, sehingga pesan yang singkat akan membantu perusahaan anda untuk menghemat bandwith.
Hati hati dengan attachments
Attachment adalah penemuan besar dalam dunia email, namun tetap anda harus menggunakanya secara hati hati. Jika anda mengirimkan email singkat sekali namun disertai attachmentnya, mungkin saja ini akan mengganggu pembaca email tesebut. karena dia akan membuka email anda, dan membuka program lain untuk membuka attachment anda, dan di dalam attachment tersebut anda hanya menuliskan pesan “temui saya di restoran jam 8 malam nanti”. Jika sebuah attachment dibutuhkan, sebaiknya beritahu penerima email akan isi attachment nya. Attachment dengan extensions yang aneh mungkin saja terdapat virus.
Hati – hati mengirimkan email ke banyak orang
Sebelum melakukan ini, pastikan dulu oleh anda setiap orang yang akan di tuju ini berhak mengetahui pesan yang anda kirimkan, jangan mengirimkan rencana jalan jalan anda weekend ini ke banyak orang. Pembaca email mungkin akan merasa terganggu jika informasinya tidak menarik untuknya, dan jika ini berlebihan mungkin anda dapat dikatakan sedang melakukan spam karena sering mengirimkan email ke banyak tujuan. dan juga anda harus pastikan kalau anda tahu pasti siapa pemilik dari alamat email tersebut, kesalahan mengirimkan email akan bisa berdampak fatal apabila email yang anda kirim bersifat rahasia.
Hati hati dalam menulis email
Email saat ini sudah menjadi familiar namun banyak orang tidak memperhatikan tata cara kesopanan dalam menulis email, Jika anda mengalamatkan kepada orang yang tidak anda ketahui / orang tersebut juga tidak mengenal anda jangan gunakan singkatan singkata. Ataupun jangan gunakan banyak emoticons, mungkin nantinya email anda akan terlihat membingungkan. Periksalah teks email anda apakah ada yang salah ejaanya ataupun penulisanya. Emails dengan banyak kesalahan penulisan akan terlihat tidak baik dan memberikan pandangan yang buruk terhadap kita sendiri.
Masalah Formatting
Tidak semua program email atau email client itu simple, terkadang ada email client yang memiliki begitu banyak jenis formatting ada juga yang tidak, Jadi gunakankanlah formatting se sederhana mungkin. Mungkin saja email tujuan anda tidak dapat membaca font yang anda gunakan ataupun gambar bunga yang anda tampilkan. Ketahuilah, Email digunakan untuk berkomunikasi bukan latihan desain, jadi buatlah agar tetap simple.
Perhatikan awal dan akhir
Janganlah memulai mengirimkan pesan anda dengan kata yang bertele tele misalnya “Hello”. Banyak orang langsung pada pokok masalah. Anda tak harus menjadi formal, Namun anda bisa berikan sesuatu yang lebih sopan, misalnya “Dear” atau “hi” mungkin akan lebih baik. Sedangkan pada bagian akhir anda bisa memberikan “Sincerely” ada juga beberapa yang memberikan “All the best” atau “Yours truly” ataupun “Regards”.
SUMBER : http://teknoinfo.web.id/10-tika-dalam-menulis-email/
F. MAILING LISH
Mailing List juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).
Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.
SUMBER : http://fga2194.blogspot.com/2009/11/pengertian-mailing-list.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar